CATHOLIC MIGRATION OFFICE
Indonesian Catholic Migrant Ministry in New York is member of
Catholic Migration Office of Diocese of Brooklyn

PEMBERKATAN RUMAH

Acara ini pada umumnya dipimpin oleh imam, dan juga merupakan kebiasaan kristiani dari dahulu kala. Pemberkatan rumah ataupun benda-benda lainnya, termasuk kategori sakramentali, yang seperti halnya dengan sakramen, dimaksudkan untuk menguduskan setiap kejadian penting di dalam hidup umat beriman. Dalam hal ini, pemberkatan rumah itu mendatangkan efek-efek rohani bagi mereka yang tinggal di dalamnya, baik perlindungan dari kuasa jahat, maupun rahmat kerukunan dan kasih dalam keluarga.

Oleh karena itu maksud utama sakramentali adalah menguduskan umat beriman yang memakai barang-barang tertentu yang diberkati itu, dan bukan semata menguduskan barang-barang itu sendiri. Oleh karena itu jika suatu rumah sudah pernah diberkati, namun pemilik yang terdahulu sudah pindah, adalah baik jika pemilik baru mengadakan pemberkatan rumah, Hal ini dilakukan bukan karena meragukan efek sakramentali yang sudah pernah diberikan, tetapi memohon agar rahmat sakramentali yang memberikan efek pengudusan itu dapat diberikan dan dialami oleh keluarga yang baru menempatinya.

Kepada para murid muridNya Yesus berpesan supaya mereka mengucapkan salam damai kepada penghuni sebuah rumah di mana mereka masuk. Pada pemberkatan rumah ini, para anggota keluarga dan kenalan yang hadir bersama sama memohon berkat Tuhan. Sebuah rumah kediaman manusia merupakan juga lambang sebuah kediaman surgawi. Oleh karena itu pemberkatan rumah hendaknya menjadi suatu acara pesta keluarga dan digabungkan dalam perayaan Ekaristi, sebab sama seperti hati manusia adalah tempat Allah bersemayan, demikian pula rumah hendaknya juga difungsikan sebagai sebuah tempat Allah bersemayam.

 

Untuk umat yang mau mengadakan pemberkatan rumah harap menghubungi:
Bp. Nofi Siregar
Phone: 917-930-2905
Email: nsiregar@msn.com